TUGAS JURNAL METODE RISET

FIRMAN ALAMSYAH . P

3EA11

10208513

TEMA : KEPUASAN KONSUMEN

1. JURNAL 1

Judul : Analisis tingkat kepuasan konsumen pada produk kartu halo telkomsel

A. Latar belakang masalah

Komunikasi merupakan kebutuhan dasar manusia dengan berbagai media penyampaiannya.Sehingga membuka pintu sukses bagi perusahaan operator seluler GSM semakin meningkat salah satunya nya adalah perusahaan telekomunikasi telkomsel.Hal utama yang harus menjadi prioritas perusahaan adalah mencapai kepuasan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.sebuah pendekatan sitematis perlu digunakan dalam melaksanakan analisis dan diagnosis lingkungan bisnis yang dihadapi oleh perusahaan salah satunya melakukan evaluasi kinerja dari atribut-atribut yang melekat pada produk kartu halo telkomsel.

B. Perumusan masalah

Berdasarkan hal-hal yang sudah di uraikan diatas dapat di ketahui sebuah perusahaan jasa operator seluler harus tanggap terhadap kondisi yang dialami pelanggan.tantangan dasar yang di hadapi adalah mendapatkan dan mempertahankan nilai yang maksimal dari pelanggan.Sebagai usaha memberi kepuasan kepada pelanggan kadang kala pihak manajemen berdasar persepsinya sendiri dan mempunyai keyakinan bahwa fasilitas dan pelayanan yang di berikan pasti akan dapat memuaskan pelanggan.

C. Tujuan penelitian

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut yang melekat pada produk kartu halo telkomsel,serta untuk mengetahui atas dasar apa konsumen mempunyai sikap tertentu terhadap atribut produk yang di maksud,dan juga untuk memberikan usulan kepada pihak manajemen sebagai alternative untuk dasar-dasar perencanaan strategi perusahaan yang efektif.

D. Metodologi

Obyek penelitiannya adalah pelanggan pengguna kartu halo telkomsel yang berada didaerah kota Jakarta dengan mengambil sampel sebanyak 100 orang.Adapun data yang di pergunakan dalam penelitian ini di kumpulkan dengan studi pustaka.Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Systematic sampling.yang hasilnya kemudian di analisis lebih lanjut dengan metode model angka ideal,untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan sikap konsumen kartu halo telkomsel berdasarkan atribut kartu halo telkomsel.

E. Hasil penelitian

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dari atribut-atribut yang di teliti ditemukan bahwa pelanggan/pengguna mempunyai tanggapan, reaksi dan kepercayaan yang masih kurang optimal terhadap kartu halo telkomsel,karena masih belum mendekati nilai ideal dari sebuah kartu GSM yang diharapkan.Sehingga dapat dikatakan bahwa kinerja dari kartu halo telkomsel dengan berbagai atribut-atributnya masih belum ideal secara mutlak atau dengan kata lain pelanggan belum puas dengan atribut-atribut yag ada.

2. JURNAL 2

Judul : Analisis kepuasan konsumen terhadap kartu seluler im3 indosat

A.Latar belakang

Perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia semakin pesat,sehingga membuka pintu sukses bagi perusahaan operator seluler.Salah satu perusahaan telekomunikasi yang terbesar kedua di Indonesia adalah PT Indosat tbk yang mengeluarkan kartu seluler bernama im3.PT Indosat harus mempertahankan kinerjanya dengan cara meningkatkan kepuasan yang diinginkan konsumen,agar loyal terhadap produk perusahaan tersebut.

B. Perumusan masalah

Berdasarkan hal yang diatas usaha memberi kepuasan kepada pelanggan kadang kala pihak manajemen berdasar persepsinya sendiri dan mempunyai keyakinan bahwa fasilitas dan pelayanan yang di berikan pasti akan dapat memuaskan pelanggan.Ketidaksesuaian antara persepsi manajemen dan akspetasi harapan pelanggan ini menyebabkan pelanggan mengalami tingkat kepuasan yang belum optimal.Begitu pentingnya usaha untuk memenuhi kepuasan pelanggan, maka perlu diketahui layanan pada atribut produk yang diharapkan oleh pelanggan sehingga PT indosat dapat mempertahankan loyalitas dan menigkatkan jumlah pelanggan, kemudian tercapai target yang telah ditetapkan oleh pihak manajemen

C. Tujuan penelitian

1.Menidentifikasi karakteristik konsumen yang menggunakan kartu seluler IM3

2.Menganalisis kepuasan konsumen terhadap kartu seluler IM3

3.Menganalisis loyalitas konsumen terhadap kartu seluler IM3

4.Merekomendasikan kebijakan yang tepat untuk meningkatkan kepuasan konsumen.

D. Metodologi

Pengumpulan data diperoleh melalui data primer dan sekunder.Karakteristik responden dalam penelitian ini kebanyakan berjenis kelamin wanita dengan usia 20 tahun, bertempat tinggal di kamar kost, serta mempunyai pengeluaran tiap bulan Rp 500.000 – 1000.000 dan pengeluaran pulsa tiap bulan Rp 50.000 – 100.000.

E. Hasil penelitian

Dari analisa tersebut menunjukan bahwa dari kesekuruhan atribut kartu seluler IM3 yang dianggap responden sangat penting dan paling memuaskan adalah tariff sms terjangkau.Atribut pada kuadran I (prioritas utama) adalah tarif telepon terjangjau, sinyal atau jaringan kuat, kejernihan suara dan kecepatan dalam penyelesaian keluhan/masalah, kuadran II (pertahankan prestasi) berupa atribut kejelasan dan kelengkapan informasi dalam berbagai media, harga voucher isi ulang murah, tariff internet terjangkau, tarif sms terjangkau dan jangkauan wilayah luas, kuadran III (prioritas rendah) adalah fitur dan layanan menarik, bonus dan hadiah dan pelayanan prima, kuadran IV (berlebihan) terdapat atribut kemasan stater pack/perdana menarik, harga stater pack/perdana murah dan kemudahan mendapatkan voucher isi ulang.Berdasarkan perhitungan CSI, tingkat kepuasan konsumen kartu seluler IM3 74,40% berada pada kategori puas.Konsumen kartu seluler IM3 memiliki loyalitas yang tinggi, ditunjukan dengan banyaknya responden yang termasuk criteria advocaters(62%).Rekomendasi untuk meningkatkan kepuasan terhadap konsumen kartu seluler IM3 dari analisa adalah memprioritaskan rekomendasi perbaikan pada kuadran I.

3. JURNAL 3

Judul : ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KONSUMEN KARTU XL

A.Latar belakang

Perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia semakin pesat,sehingga membuka pintu sukses bagi perusahaan operator seluler.Salah satu perusahaan telekomunikasi yang terbesar ketiga di Indonesia adalah PT. Excelcomindo Pratama yang mengeluarkan kartu seluler yang bernama XL adalah salah satu provider jasa komunikasi GSM yang ada di indonesia. Hal utama yang harus menjadi prioritas perusahaan adalah mencapai kepuasan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.sebuah pendekatan sitematis perlu digunakan dalam melaksanakan analisis dan diagnosis lingkungan bisnis yang dihadapi oleh perusahaan salah satunya melakukan evaluasi kinerja dari atribut-atribut yang melekat pada produk kartu XL.

B. Perumusan masalah

Berdasarkan hal-hal yang sudah di uraikan diatas dapat di ketahui sebuah perusahaan jasa operator seluler harus tanggap terhadap kondisi yang dialami pelanggan. Hal utama yang harus menjadi prioritas perusahaan adalah mencapai kepuasan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.sebuah pendekatan sitematis perlu digunakan dalam melaksanakan analisis

C. Tujuan penelitian

1. untuk menganalisis pengaruh fasilitas

2. untuk menganalisis persepsi kualitas

3. untuk menganalisis persepsi harga

4. untuk menganalisi kegunaan dan manfaat kartu pra bayar XL terhadap kepuasan konsumen yang menggunakannya.

D. Metodologi

Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling sebanyak 100 konsumen. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan mengajukan kuesioner kemudian data dianalisis dengan teknik regresi berganda.

E. Hasil penelitian

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial, keempat variabel (Fasilitas, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Kegunaan dan Manfaat) berpengaruh secara signifikan. Pengujian secara simultan keempat variabel (Fasilitas, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Kegunaan dan Manfaat) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan kartu seluler pra bayar XL. Diantara keempat variabel yang dianalisis, faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah Fasilitas kemudian disusul dengan Persepsi Harga. 43,2 % variasi Kepuasan Konsumen (Y) dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen (Fasilitas, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Kegunaan dan Manfaat).

4.Kesimpulan dan saran dari ketiga jurnal

Jadi, kesimpulan dari ketiga 3 analisis tersebut kartu IM3 indosat lah yang lebih banyak digunakan oleh para konsumen kartu seluler lalu diikuti oleh XL  dari Excelcomindo dan yang terakhir kartu halo dari Telkomsel.Walaupun telkomsel adalah perusahaan telekomunikasi terbesar nomer 1 di Indonesia bukan berarti telkomsel bisa dengan mudah mendapatkan pelanggan/konsumen karena dibutuhkan cara-cara yang bisa untuk menarik konsumen, sedangkan Indosat yang hanya menduduki peringkat kedua perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia bisa membuktikan bahwa perusahaan tersebut bisa mendapatkan pelanggan yang lebih banyak begitu juga dengan Excelcomindo.

Sarannya untuk perusahaan yang masih kurang mendapatkan konsumen adalah dengan meningkatkan kreatifitas yang baik, pelayanan yang baik,pemasaran yang lebih mensosialisasikan kepada pelanggan atas manfaat dan kegunaan dari produk tersebut.Kemudian untuk perusahaan yang sudah banyak mendapatkan konsumen adalahengan mempertahankan kreatifitas yang sudah ada dan bisa lebih mengembangkannya.

5.LATAR BELAKANG DARI KETIGA JURNAL

Komunikasi merupakan kebutuhan dasar manusia dengan berbagai media penyampaiannya.Sejak ditemukan teknologi komunikasi pesawat telepon oleh Alexander Graham Bell, maka perkembangan alat ini semakin pesat.Indonesia tidak ketinggalan pula dalam bidang ini.Hal ini terlihat dengan ditandai adanya ujicoba system sampai dengan beroperasinya system Telekomunikasi Komunikasi Bergerak (STKB).Di Indonesia terdapat beberapa perusahaan telekomunikasi yang diantaranya ada tiga besar di Indonesia adalah yang pertama PT.TELKOMSEL yang mengeluarkan kartu seluler yang bernama kartu halo, simpati dll, sedangkan yang kedua ada PT INDOSAT yang juga mengeluarkan kartu seluler yang bernama MENTARI,IM3,STARONE dll, kemudian yang ketiga ada PT EXCELCOMINDO yang mengeluarkan kartu seluler yang bernama XL.Dari ketiga perusahaan tersebut INDOSAT yang lebih banyak mendapatkan konsumen lalu diikuti XL  DAN TELKOMSEL.

6.SISTEMATIKA PENULISAN

1. Jurnal 1

Jurnal ini membahas tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian, metodologi, dan hasil penelitian dari analisis tentang tingkat kepuasan konsumen terhadap kartu HALO telkomsel.

2. Jurnal 2

Jurnal ini membahas tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian, metodologi, dan hasil penelitian dari analisis tentang tingkat kepuasan konsumen terhadap kartu IM3 indosat.

3. Jurnal 3

Jurnal ini membahas tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian, metodologi, dan hasil penelitian dari analisis tentang tingkat kepuasan konsumen terhadap kartu XL excelcomindo.

4. Kesimpulan dan saran

Membahas tentang kesimpulan dan saran dari ketiga jurnal tersebut

5. Latar belakang

Membahas tentang latar belakang tentang ketiga jurnal tersebut

7. DAFTAR PUSTAKA

Putri melati nina,2009, http://iirc.ipb.ac.id

Wijaya surya hernanda,2009, eprints.undip.ac.id

Februari 2000,www.twlkomsel.com

Januari 2000,www.gsmworld.com

Januari 2000,www.telecomasia.net

Leave a comment